Penerapan IFRS di Indonesia

  1. PEMBAHASAN

IFRS kepanjangan International Financial Reporting Standards. IFRS merupakan standar, interpretasi dan kerangka kerja dalam rangka penyusunan dan penyajian laporan keuangan yang diadopsi oleh IASB (International Accounting Standards Board). 

Indonesia memutuskan untuk melaksanakan konvergensi terhadap IAS/ IFRS pada tahun 1994. Pada tahun 1999, Asean Development Bankmenyatakan bahwa dalam hal substansinya, 90% pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) sama dengan IAS (Media Akuntansi, 2006 dalam Sunardi dan Sunyoto, 2011). Jadi, sampai saat ini PSAK telah banyak berkiblat pada IAS.

Lalu, perlukah Indonesia mengadopsi IAS/ IFRS? Tentu saja perlu, agar standar pelaporan keuangan Indonesia mendapat pengakuan yang tinggi. Konvergensi IFRS ke dalam PSAK akan berdampak besar bagi dunia usaha, terutama dari sisi pengambilan kebijakan perusahaan yang didasarkan kepada data-data akuntansi. Suatu perusahaan akan memiliki daya saing yang lebih besar ketika mengadopsi IFRS dalam laporan keuangannya. Selain itu, dengan mengimplementasikan IFRS, perusahaan akan menikmati biaya modal yang lebih rendah. Juga konsolidasi yang lebih mudah & sistem teknologi informasi yang terpadu.

Tujuan di adopsinya IFRS

Ketua Tim Implementasi IFRS-Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Dudi M Kurniawan mengatakan, dengan mengadopsi IFRS, Indonesia akan mendapatkan tujuh manfaat sekaligus.

a)      Meningkatkan kualitas standar akuntansi keuangan (SAK).

b)      Mengurangi biaya SAK.

c)      Meningkatkan kredibilitas dan kegunaan laporan keuangan.

d)     Meningkatkan komparabilitas pelaporan keuangan.

e)      Meningkatkan transparansi keuangan.

f)       Menurunkan biaya modal dengan membuka peluang penghimpunan dana melalui pasar modal.

g)      Meningkatkan efisiensi penyusunan laporan keuangan.

 

  1. RUANG LINGKUP

Sebagai salah satu bentuk peningkatan sistem di bidang Keuangan dan Akuntansi, Jasa Marga mengimplementasikan Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) dengan berbasis pada International Finance Reporting Standard (IFRS) untuk penyusunan Laporan Keuangan.

Sejak tahun 2009 dan 2010, Jasa Marga telah menerapkan beberapa PSAK-PSAK tertentu yang mengacu kepada IFRS, yakni PSAK nomor 54 dan 55 mengenai instrument keuangan. Format Laporan Keuangan Jasa Marga ini terdiri dari Neraca, Laporan L/R, Laporan Perubahan Ekuitas dan Laporan Arus Kas.

Menurut Direktur Utama Reynaldi, dengan penyusunan Laporan Keuangan dengan standard IFRS, maka penyusunan Laporan Keuangan Jasa Marga sudah berstandard internasional, sama seperti perusahaan-perusahaan lain di dunia. Sehingga, Laporan Keuangan Jasa Marga dapat dengan mudah dipahami oleh para pengguna laporan keuangan bahkan dapat dibandingkan dengan laporan keuangan dari negara lain yang sudah menerapkan IFRS.

 

  1. KESIMPULAN

Indonesia perlu mengadopsi IFRS agar standar pelaporan keuangan Indonesia mendapat pengakuan yang tinggi. Dan Jasa Marga merupakan salah satu perusahaan yang telah mengadopsi IFRS. Sejak tahun 2009 dan 2010, Jasa Marga telah menerapkan beberapa PSAK-PSAK tertentu yang mengacu kepada IFRS, yakni PSAK nomor 54 dan 55 mengenai instrument keuangan. Format Laporan Keuangan Jasa Marga ini terdiri dari Neraca, Laporan L/R, Laporan Perubahan Ekuitas dan Laporan Arus Kas.

 

Demikian artikel ini saya tulis, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah informasi pengetahuan bagi para pembaca secara umum dan para komunitas UG khususnya. Apabila dalam penulisan ini masih ada kekurangan, silahkan berikan kritik dan saran yang membangun. Terima kasih🙂

 

Sumber Referensi :

http://www.jasamarga.com/en_/berita/item/133-jasa-marga-mulai-adopsi-ifrs.html

http://maiyasari.wordpress.com/2012/04/20/alasan-perlunya-konvergensi-ke-ifrs-21/

http://suhaylazhafira.blogspot.com/2014/01/left-is-our-right-sebuah-catatan-dari.html

http://financecontroller.blogspot.com/2011/08/indonesia-memutuskan-untuk-berkiblat.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s