HUBUNGAN BISNIS INTERNASIONAL DENGAN AKUNTANSI INTERNASIONAL

Aktivitas international meningkat secara dramatis, seiring ekspor dan impor barang dan jasa secara tradisional sebaik investasi langsung luar negeri. Pasar modal menjadi semakin terbuka dan menjadi lebih transparan dan perdagangan bebas di dunia menjadi lebih cepat. Untuk itulah kita menjadi semakin membutuhkan perangkat yang seragam dari standar akuntansi internasional yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai sarana tukar menukar saham di seluruh dunia. Secara gamblang, akuntansi adalah fungsi dari lingkungan bisnis dimana ia dioperasikan dan ini berawal dari tawaran untuk mencatat transaksi bisnis.

Bisnis internasional berbeda dari bisnis domestik dalam hal bahwa sebuah perusahaan yang beroperasi melewati batas-batas negara harus berurusan dengan kekuatan-kekuatan dari tiga jenis lingkungan domestik, asing, dan internasional. Sebaliknya, perusahaan yang kegiatan-kegiatan bisnisnya dilaksanakan di dalam batas-bata sebuah negara perlu memperhatikan terutama hanya lingkungan domestik. Namun demikian, tidak ada perusahaan domestik yang seluruhnya bebas dari kekuatan-kekuatan lingkungan asing atau internasional karena selalu ada kemungkinan harus berhadapan denganpersaingan dari barang-barang impor atau dari pesaing-pesaing luar negeri yang mendirikan operasi-operasi di pasarnya sendiri.

Evolusi Dan Signifikansi Bisnis Internasional

Bisnis internasional dapat ditelusuri kembali ke beberapa abad sebelum masehi, selama orang bisa mengatakan, alasan dan motif yang sama seperti sekarang: orang ingin sesuatu yang tidak mereka miliki di negara mereka sendiri, dan mereka menemukan seseorang di negara lainyang mampu menyediakan apa yang mereka inginkan. Tetapi perdagangan pada skala besar dan direncanakan belum benar-benar dimulai sampai Yunani mulai mengekspor murah, memproduksi barang secara massal sekitar abad ke-5 SM.

Selama Abad Pertengahan, bisnis internasional berkembang di beberapa daerah dunia. Misalnya, berkembang di Byzantium (sekarang Istanbul) sampai Perang Salib, difasilitasi oleh perkembangan perbankan dan asuransi dan dengan skala besar pameran perdagangan internasional. Namun, perdagangan internasional tidak berjalan seperti yang baik di Eropa sampai jauh kemudian. Perang, wabah, dan umumnya anti kommersial, doktrin agama menghambat perdagangan, baik secara domestik maupun internasional. Hal ini tidak sampai abad ke-12, hingga aktivitas komersial dan perdagangan muncul dari negara berkembang. Dengan kebangkitan mereka, dimulai  hukum dan peraturan mengenai perdagangan. Awalnya dikembangkan oleh serikat pekerja, kemudian oleh negara-negara kota, dan kemudian banyak kemudian oleh negara-bangsa, peraturan internasional komersial terus untuk berkembang sampai hari ini.

Aspek Akuntansi Dari Bisnis Internasional

Sebuah perusahaan terbuka terhadap akuntansi internasional biasanya terjadi sebagai akibat dari peluang impor atau ekspor. Dalam kasus ekspor, perusahaan domestik dapat menerima penyelidikan yang tidak diminta atau pesanan pembelian dari pembeli asing. Dengan asumsi perusahaan domestik keinginan untuk melakukan penjualan, perlu untuk menyelidiki asing pembeli, terutama ketika pembeli meminta perpanjangan kredit. Prosedur ini sering tidak semudah seperti yang muncul.

Membentuk Kemampuan Akuntansi Internasional Internal

Sebagai perusahaan menjadi semakin terlibat dalam perdagangan, akuntansi internasional memiliki aktivitas yang meningkat, dan begitu juga biaya menggunakan keahlian luar. Pada titik tertentu menjadi layak bagi perusahaan untuk mengembangkan kemampuan internasional sendiri seperti staf, termasuk akuntan sendiri.

Perkembangan utama berikutnya yang mungkin untuk mengharuskan akuntansi internasional meningkat keterampilan akuntansi adalah penciptaan sebuah organisasi yang terpisah dalam perusahaan untuk menangani perdagangan internasional. Ini mungkin merupakan departemen ekspor. Khusus sistem akuntansi dan prosedur harus ditetapkan dalam kontrol, pelaporan, dan area perpajakan.

Bentuk Keterlibatan Internasional

  • Kegiatan ekspor dan impor barang maupun jasa antar negara.
  • Perserikatan strategis, mencakup persetujuan izin, franchise, kontrak manajemen, kontrak adat, dan pembagian kepemilikan bagi perusahaan asing.
  • Investasi di luar negeri, dapat berupa Investasi secara langsung maupun secara joint venture (usaha bersama).

Perusahaan Multinasional

Berbagai istilah menggambarkan perusahaan yang terlibat dalam bisnis internasional. Istilah yang paling sering digunakan adalah bisnis multinasional (MNE), yang mengacu pada perusahaan yang memiliki sumber bahan baku, komponen, dan pasar akhir di seluruh dunia.

Luas Perusahaan Multinasional

            Sulit untuk mengidentifikasi secara tepat MNE terbesar di dunia karena ada definisi yang berbeda. Dua langkah yang paling umum digunakan untuk mengukur adalah nilai pasar dan penjualan. Selain itu, langkah-langkah lain, seperti keuntungan dan laba atas ekuitas pemegang saham, sering digunakan untuk membandingkan perusahaan di seluruh dunia.

Keputusan untuk Menjadi Global

Manajemen secara efektif memperkirakan dua dimensi yang berbeda tetapi saling mempengaruhi, yaitu lingkungan eksternal dan kemampuan internal perusahaan. Batasan lingkungan terdiri dari 4 kategori: pendidikan, sosial-budaya, politik dan peraturan, dan ekonomi. Dan salah satu dimensi yang penting yaitu Negara memiliki keuntungan khusus, seperti sumber daya alam yang melimpah, tenaga kerja yang murah, dll. Keuntungan khusus perusahaan, terutama berkaitan dengan aset tak berwujud perusahaan.

 

Demikian tulisan ini saya susun dari berbagai sumber referensi. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan, krtitik dan saran yang membangun sangat saya harapkan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber :

http://hpcrates.blogspot.com/2012/03/akuntansi-internasional-dan-bisnis.html

http://fia.unitomo.ac.id/?p=113

http://caturdj.wordpress.com/softskill-bab-14-bisnis-internasional/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s